YAKIN KAMU BERMIMPI INGIN JADI PENULIS? BACA DULU TULISAN INI!




FLP PRABUMULIH - Belakangan  ini menjadi seorang penulis merupakan sesuatu yang banyak diimpikan kuala muda. Hal itu dibuktikan dengan munculnya penulis-penulis muda di dunia literasi Indonesia. Baiklah sebelum kita memulai semuanya, mari kita simak cerita berikut ini;



BESI BATANGAN PUN BISA DIGOSOK MENJADI JARUM 

Kisah ini diceritakan oleh satrawan besar asal Tiongkok bernama Li Bai yang menceritakan kehidupan masa kecilnya, Li Bai dulu adalah seorang bocah nakal dan bandel. Ia tidak begitu suka mengikuti pelajaran seperti biasa anak-anak lainnya.

Kerjaannya hanya keluyuran di hutan dan pinggir sungai. Suatu pagi ketika ia sedang bermain di pinggir sungai, ia bertemu dengan seorang kakek yang sedang mengosok besi batangan, ia tidak menghiraukan, hari kedua ia ketemu lagi dengan kakek tersebut, hari ketiga pun begitu. Maka dihari ketiga itu juga terjadi dialog antara bocah dan sang kakek.

“Kek, beberapa hari ini saya melihat kakek melakukan hal yang sama terus menerus. Sebenarnya kakek sedang melakukan apa sih?”

Sambil tersenyum sang kakek pun menjawab, “  Kakek sedang mengosok besi batangan ini, Nak.”

“Untuk apa kakek mengosok besi batangan itu?” Tanya si bocah.

“Kakek mengosok besi batangan ini, untuk dijadikan sebatang harum.”

“Wah mana bisa Kek, besi batangan itu dijadikan sebatang jarum.”

Kakek menantap ke arah wajah bocah itu dan berkata dengan tegas, “ Selama kita masih memiliki kemauan dan kesabaran. Selama kita memiliki keteguhan, keyakinan dan keuletan, besi batangan ini bila digosok terus menerus suatu hari nanti bisa jadi batang jarum.”

Si bocah terhenyak atas jawaban sang kakek itu. Peristiwa tersebut direkam oleh si bocah dan merubah mentalnya menjadi pelajar yang rajin, disiplin dan ulet. Setelah dewasa bocah itu kini menjadi sastrawan terkenal. Li Bai. 

Belajar dari kisah diatas, segala sesuatu yang kita impikan haruslah dijalani dengan ketekunan, kesabaran, disiplin dan keyakinan yang teguh, termasuk jika kita ingin seorang penulis, maka yang harus kita lakukan ialah tekun menulis, tanpa henti sepanjang hari. Jika kita masih menjadi penulis pemula, yah harus banyak membaca dan nulis setiap hari. 

Sebab, menulis bukan soal bakat semata, akan tetapi keterampilan, keuletan dan lain-lain. So, selamat menulis. 

Penulis: Fahry Alamsyah [anggota FLP Prabumulih, aktivis lingkungan dan cerpenis] 
sumber : www.harianalam.blogspot.co.id

0 Response to "YAKIN KAMU BERMIMPI INGIN JADI PENULIS? BACA DULU TULISAN INI!"

Posting Komentar