Ganteng Juga Beresiko



“Ah loe sih enak, ganteng!” sering kali kan loe denger komen temen kayak gini? Entah karena doi jelek atau pesimis, gue juga gagal paham.
Siapa bilang jadi cowok ganteng itu enak? Ada juga gak enaknya lho…???
Sumpah ini pengalaman gue. Jadi cowok ganteng itu :

Pusat Perhatian
Gak enak banget, gue lagi ngumpul nih sama temen-temen, lagi ngebahas masalah serius gitu. Sebagian temen loe cantik-cantik, sebagian lainnya minta dikatakan cantik, tentu loe jaim kan? Tiba-tiba loe [maaf] kentut didepan mereka, lumayan besar hampir seperti petasan bantet dan lumayan semerbak aromanya. 
Udah deh disitu gue jadi pusat perhatian, walau mereka hanya tersenyum, tutup hidung, lalu muntah. Gue tau itu dan ngelihat langsung, menyakitkan men!

Gue masuk mol atau supermarket yang berlntai-lantailah, pas masuk gue diiringi pelayan yang centil banget, pake tanya gue darimana, trus nguntitin gue dari belakang, gue pikir doi tertarik atau curiga ya? Emang gue mau nyolong? Trus gue naik ke lantai atas cari sesuatulah, seinget gue parfum deh. Eh, gue denger cewek-cewek disitu pada berbisik, rasanya sih bicarain ketampanan gue (sory bro, felling seperti ini gue udah hafal banget). Pada senyum-senyum lagi, gue lihat dari pantulan kaca, cewek dikasir lagi mandangin gue, eh pas gue pandangin balik, dia langsung nunduk, ini kan munafik banget namanya. Sudah, gue akhirnya gak betah dibuat begini. Eh, pas gue mau bayar, si cewek yang dikasir salah ngasih kembalian, yang harusnya belanja gue 75ribu, uang 100rb gue dikembaliin 75ribu lagi, karena gue gak mau makan uang haram, akhirnya gue komplain, si cewek malu-malu gugup minta maaf plus minta nomor HP. Kali ini gue kasih senyum, buang-buang waktu gue aja. Nah kalo gue gak ganteng mungkin gak selama ini kali belanja parfum doang?
Rese’ kan kalo jadi perhatian gini, gue gak bisa ngupil bebas, gue gak bisa nguap sembarangan, gak bisa ngelap ingus, mata gak boleh belekkan segala, gue jadi serba salah dan kagak merdeka.

Korban Gosip
Gue pernah jadi bahasan hangat di sekolah, gue kan pernah buat privat khusus belajar cepat computer gitu, loe pasti udah nebak kan? Murid gue 100% cewek semua, anak-anak SMA yang lagi keranjingan minta digodain kali ya. Pas gue jelasin dilayar monitor pelajaran hari itu, eh bukannya mereka merhatiin monitor tapi memonitor wajah gue. Ada lagi yang pura-pura lupa alias gak ngerti, maksudnya biar gue deketin gitu. Sejak itu gue jadi perbincangan se-SMA, nama gue jadi #trendingtopic. Temen-temenya pada pengen ngeliat si kakak ganteng guru privat komputer. Baik cewek maupun cowok berbondong-bondong mau daftar jadi murid gue (yang cowok sih gue rada curiga tuh!). Karena gue gak kelayanan, akhirnya privat gue tutup. Lebih baik gitu daripada rumah gue dikunjungi cewek terus gak siang maupun malem, belum lagi terima salam dan surat saban hari. Nah, gak enak banget kan gara-gara gue seganteng ini, bisnis gue jadinya tutup. Itu resiko men yang harus loe pikirin juga.

Korban Orang Ketiga
Jujur pengalaman gue ini gak bakal lupa seumur hidup, jadi setelah gue tutup privat computer gue akhirnya kerja di rental computer. Disitu gue banyak banget langganan khusus yang maunya diketikin sama gue aja, padahal masih ada 3 pegawai lainnya. Loe pasti nebak lagi kan, kalo itu pasti cewek? Kali ini loe salah men, karena ada bapak-bapaknya juga (bapak ini gue curiga juga sih…hehe). Nah, gue punya pelanggan cewek cantik sebut saja namanya Bunga (seperti yang di tv-tv itu…). Bunga ini masih kuliah, kayaknya tugasnya banyak banget, karena hampir 3 kali sehari doi nyamperin gue buat ngetikkin. Gue sih biasa aja, tapi doi sepertinya berasa beda gitu (lagi-lagi ini felling khusus orang ganteng, emang gitu). Gue risih sih, pas Bunga ngambil foto gue dari kamera HPnya tanpa permisi dulu sama gue, pas diginiin gue sempet marah, namun karna doi minta maaf jadinya gue nyerah juga. Tapi gue berprinsip gak mau kalo difoto berdua, terutama yang bukan muhrim (cowok-cewek, ntar timbul fitnah). Beberapa kali Bunga minta gue foto bareng gue tolak. Suatu waktu doi ngajak temen-temennya, ada juga yang cowok jadi gue terima tawaran difoto itu. Hitung-hitung customer service-lah, lagian kasihan perjungan Bunga udah keras banget.

Suatu ketika seorang laki-laki (jelek pasti) dateng ngamuk-ngamuk nyari gue ditempat kerjaan. Laki-laki itu mau mukuli gue, tapi dihadang sama temen gue. Akhirnya doi cerita kalo dia ternyata pacarnya Bunga dan Bunga udah mutusin dia. Dan dia pernah lihat foto gue sama Bunga berdua. Ini fitnah banget men! Bunga ternyata memotong foto temen-temen lainnya dan hanya ninggalin foto gue dan doi. Jujur gue kecewa dan dari situ gue berniat cari kerjaan lain. Bayangin men, kalo loe seganteng gue! Loe harus nerima yang bahkan diluar dugaan loe, dikejer-kejer cewek, dikejer juga sama cowoknya trus difitnah jadi orang ketiga yang loe gak pernah ngerasa ngelakuin itu semua!

Sulit Jatuh Cinta
Justru karena kegantengan gue, jadinya gue sulit percaya sama cewek yang deketin gue. Jangan-jangan doi cuma ngelihat fisik gue aja. Jadinya, gue hanya banyak temen-temen cewek yang sangat deket, mungkin salah satunya ada yang ngerasa pacar gue, ada juga yang ngerasa TTM gue, ada juga yang ngerasa gue gantung-gantungin istilahnya HTS lah (Hubungan Tanpa Status). Terserah apa yang mereka rasain, yang pasti gue bener-bener mencari seoarang cewek yang tulus mencintai gue apa adanya, bukan hanya segi wajah yang rupawan tapi lebih-lebih karena hati gue yang dermawan (wkkk…narsis goreng banget). Pernah ada yang nembak gue langsung, mau minta dipacarin gitu, tapi gue tetep mau menggapnya temen. Doi gak terima dan akhirnya putus kontak dan menghilang entah kemana, mungkin nama gue sudah jadi musuh dihatinya. Sejak saat itulah gue, mutusin untuk buat surat khusus untuk cewek-cewek yang ngerasa dapet perhatian dari gue biar mereka pada gak ke-GR-an. Isi surat itu yang menyatakan kalo gue hanya mau bertemen biasa aja dan membuka pintu keluarga selebar-lebarnya, sejak saat itu ada cewek yang ngirim pempek kerumah, ngasih ortu bingkisan, kado, karangan buanga, sembako dan lain sebagainya. Semuanya gue nilai sebatas persahabatan saja, tak lebih [titik]. Dilema kan? Inilah resiko jadi cowok ganteng, itu sudah takdir gue.

Masih banyak kisah lain yang gak semuanya gue ceritain disini, mungkin temen-temen cowok gue juga tahu kalo gue pernah ditaksir banci, dikejer-kejer sampe pengen tahu alamat rumah gue, gue juga pernah ada secret admirer (pengagum rahasia) yang tiap hari warna baju yang gue pakai doi sama-in, Senin gue pake baju putih, doi pake putih, selasa gue pake hitam, doi ngikut pake hitam, gue pake biru, doi juga biru, sabtu gue gak pake baju (Nah loh…???). Bayangin sampe segitunya, sebenernya gue kurang nyaman dengan kegantengan ini, tapi buat apa disesali? Toh takdir Tuhan jalani aja, semua pasti kan ada hikmahnya.


Dan tulisan ini gue buat, biar buat loe yang ngerasa kurang ganteng atau malah jelek banget sekalipun loe bisa optimis jalani hidup men. Jangan loe cuma lihat seseorang itu dari satu sisi, jangan loe ngerasa rumput tetangga lebih hijau sementara rumput loe kering tandus, itu gak boleh ada dalam fikirian loe. Loe harus yakin kalo gak ada orang jelek tentu gak bisa orang lain itu disebut ganteng. Karena ada loe lah, jadi ada pembedanya. Lagian selama gue kenal dengan cewek-cewek cantik di Indonesia ini, mereka sebenarnya lebih milih cowok jelek, kenapa? Karena mereka lebih tenteram gak bakal di-dua-in, walaupun pada kenyataannya sudah banyak berita, sudah jelek, selingkuh lagi. Sama seperti gue, jelek yang loe rasain itu juga kan bukan pilihan loe sendiri? Jadi jalani aja, lah wong yang dinilai kelak di akherat bukan ketampanan atau kecantikkan, tapi amalan dan ketaqwaanlah.

Nah coba disisi itu yang lebih loe dalemin, jangan melulu berderai air mata kala loe becermin di kaca. Yakinlah, kejelekkan muka loe bukan segalanya, bukan jaminan masa depan loe suram, banyak juga koq orang jelek jadi pejabat, atau orang jelek naik mobil sporty dideketin banyak cewek cantik. Tapi yakinlah, kalo ada cewek yang deketin loe, itu pasti bener-bener cewek yang tulus dan mulia. Percaya deh sama gue! Ayo bangkit! Tetap semangat, raih impianmu, perbaiki kualitas akhlak dan ibadahmu, maka kelak gue pengen lihat bahwa loe juga layak dicemburui orang ganteng kayak gue.

***The End***

Haha…puas sudah saya meluapkan isi hati dan ide-ide liar dikepala ini. Semoga ada hikmahnya untuk yang membacanya. Jujur, sudah lama sekali saya ingin menulis perihal ini, namun takut tidak ada wanita yang simpatik lagi kepada saya, tapi sekarang itu tidak masalah, karena saya sudah punya istri sederhanan nan cantik yang menerima kenarsissan saya ini. Kalau dulu saya posting tulisan ini sebelum menikah saya khawatir banyak sekali cewek-cewek yang muntah membaca atau bahkan bertemu saya. Tapi sekarang saya lega, istri dirumah setahu saya belum pernah baca ini, itu setahu saya ya!

Sampai kemarin saya lihat istri saya kenapa lama sekali di kamar mandi.
“Kenapa kamu sayang, lama sekali dikamar mandi?” ujar saya
“Tidak apa-apa koq” jawab istri saya
“Wah kamu muntah-muntah ya? Kamu hamil lagi sayang?”
“Bukan, habis baca tulisanmu!”
[tepok jidad]

By : Embun Fajar
Ahad, 21 Sep 2014
                                                                                             

1 Response to "Ganteng Juga Beresiko"