Indonesia Mencari Sepuluh Pemuda

Oleh: Tiara Deviana
Mahasiswi Universitas Sriwijaya

   "Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia." itulah kata-kata penuh semangat yang dikobarkan oleh pemimpin besar bangsa ini, Bung Karno.
Bayangkan, dari sekian banyak pemuda yang ada di Indonesia beliau hanya meminta sepuluh orang pemuda saja yang akan menguncangkan dunia. Ini bukti bahwa pemuda memiliki kekuatan dan pengaruh yang sangat besar untuk mengubah dunia. Lalu dimana sepuluh pemuda itu?


     Pemuda adalah pelopor pembaharuan dan pengerak pembangunan bangsa. Demikian Direktur Jendral Potensi Pertahanan Departemen Pertahanan (Dirjen Pothan Dephan) Bambang Murgiyanto, MSc memberikan penjelasan tentang apa itu pemuda. Itu artinya sudah jelas pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Namun yang menjadi permasalahan sekarang Indonesia seperti kehilangan sosok pemuda yang tangguh yang siap mengemparkan dunia dengan semangat dan prestasi.

      Pemuda adalah sentral dari sebuah perubahan. Sebab secara psikologis pemuda memiliki sikap yang lebih memberontak, pemuh inisiatif, kreatif, dan penuh dengan samangat yang tinggi untuk membangun sebuah kepribadian. Sehingga tidak di pungkiri jika pemuda dapat melakukan banyak hal untuk sebuah perubahan. Namun sayang, dari banyak sikap positif yang ada pada pemuda ternyata pemuda juga memiliki sikap labil. Inilah yang menyebabkan banyak pemuda yang akhirnya terpengaruh pada kehidupan moderenisasi yang lebih banyak merusak daripada memperbaiki.
 
   Pemuda yang sejatinya tangguh, punya semangat juang yang tinggi. Kini seperti sulit untuk dicari. Karena kebanyakkan pemuda sekarang lebih suka menghabiskan waktu di tempat-tempat hiburan, di pusat-pusat perbelanjaan. Mereka lebih suka membuka forum yang kebanyakkan membicarakan hal-hal yang bersifat duniawi daripada membahas bagaimana cara memperbaiki negeri ini. Dan yang lebih parah lagi mereka, mereka lebih suka meniru keburukan daripada kebaikan. Inilah, yang akhirnya membuat Indonesia seperti kehilangan sosok-sosok pemuda yang bisa di andalkan.

   Tapi harapan itu tentunya tak akan pernah mati. Sulit untuk dicari bukan berarti Indonesia tidak bisa menemukan para pemuda yang masih bersemangat untuk membangun peradaban baru di negeri ini. Maka dengan harapan yang masih sangat besar, mari pemuda Indonesia kita muncul lagi kepermukaan bumi. Kita kobarkan semangat yang dulu pernah dikobarkan oleh pejuang kemerdekaan. Mari kita menjadi bagian dari sepuluh pemuda yang dicari  Indonesia yang siap mengemparkan dunia dengan semangat yang tidak pernah mati.

0 Response to "Indonesia Mencari Sepuluh Pemuda"

Posting Komentar