Kenalan sama Jenis Feature


Oleh: Fahry Alamsyah

Hah sobat setelah membaca postingan sebelumnya berjudul "Yukkk...Kenalan dengan Feature" sekarang saya akan mengajak sobat untuk mengetahui lebih dalam mengenai feature. Tapi sebelumnya yah maaf-maaf kata! sobat sudah baca belum postingan saya sebelumnya? kalau belum baca dulu deh.

Sudah bacanya? kalau sudah nah saya ada sedikit ilmu dan  akan saya bagi sama sobat semuanya mengenai jenis-jenis feature, pasang wajah yang enjoy yah, gk perlu tegang karena ini bukan wahana Hysteria atau pun Tornado di Dupan.

Apakah Jenis Feature itu?

Sebagai seorang penulis feature disemangati oleh Informasi, yang informasi itu mendidik dan menghibur. olehnya sebab itu feature di bagi menjadi beberapa jenis, berikut ini. yukkk simak cekidot.
Menurut sumber yang saya dapat dari bukunya Mas Edi Warsidi "Bagaimana Menulis Feature Objek Wisata." jenis feature itu terbagi menjadi 6 jenis.
Pertama, Feature Sejarah adalah menceritakan mengenai seseorang atau sesuatu yang memiliki sejarah yang dikenang. Penulis Feature yang baik akan terlebih dahulu akan mendalam kejadian tersebut dengan cara mencari dokumen atau nih mewawancarai seseorang yang menjadi saksi dan berpartisipasi atas peristiwa tersebut. contohnya, kelahiran dan kematian tokoh terkenal.
Kedua, Feature Pertualangan, hmmm...kalau soal pertualangan penulis sangat suka banget dengan aktivitas satu ini. Feature Pertualangan adalah adalah Feature yang menggambarkan pengalaman yang tidak biasa dan menarik. Misalnya berita yang menceritakan tentang seseorang selamat dalam insiden kecelakaan, mendaki gunung atau berlayar keliling dunia dan lain sebagainya.
Ketiga, Feature Perayaan, feature ini lebih dekat ke sebuah perayaan, feature yang menceritakan mengenai suatu perayaan contohnya Lebaran, Natal, Tahun Baru dan hari besar lainnya. Tapi yang sobat harus perhatiin di jenis feature ini adalah tingkat kesulitannya karena penulis harus mencari angle baru sebabnya peristiwa ini sudah di kenal masyarakat luas.
Keempat, How-to-do-it Feature, jenis feature ini memberitahukan langkah-langkah pembuatan suatu objek dari awal sampai akhir. Materi apa saja yang di pakai, biaya produksi dan waktu untuk menyelesaikan menyelesaikan pembuatan. kita ambil contohnya saja ya, seperti pembuatan kapal yang membutuhkan waktun lama nah karena itu penulis harus mengikuti cara pembuatan kapal dari awal sampai akhir.
Kelima, Feature Profil, Feature ini menceritakan sosok terkenal atau menarik. Penulis bisa berpikir secara kreatif mereka sewaktu melakukan wawancara untuk menggali lebih dalam lagi untuk menggambarkan karakter mereka, so tidak hanya sekedar indentitas individu belaka.
dan yang Keenam, Feature Objek Wisata, feature jenis ini memperlihatkan suasana objek wisata yang indah. dalam jenis ini penulis mendapat tantangan untuk mendapatkan objek yang menarik bagi pembaca. jenis feature tersebut memiliki kekhasan masing-masing sehingga bisa dibeda-bedakan. Semua jenis inilah yang menuntun penulis dalam pemilihan topik.
Idealnya setiap topik harus dramatis, penuh warna, dan menarik. Dalam memilih topik digunakan konsep kebutuhan universal, yakni setiap orang tertarik dengan ide yang berhubungan dengan kebutuhan semua orang.
Setelah memilih topik umum yang menjadi ketertarikan pembaca, penulis membatasi menjadi ukuran yang bisa diatur atau di kendalikan mungkin dengan penekanan tema, misalnya, feature tidak bisa menyimpulkan kehidupan individu secara keseluruhan, jadi penulis mendiskusikan pada satu aspek saja, misalnya pengalaman,pembawaan, atau tujuan yang menghasilkan karakter seseorang.
Jika penulis gagal membatasi topik mereka, ceritanya akan menjadi panjang tidak terorganisasi dan dangkal, ceritanya akan ngalur ngidul dan idenya  tidak teratur tanpa perpindahan yang memadai dan ide yang detail.
Topik turut berperan penting dalam menentukan bagus tidaknya suatu cerita feature beranekaragam, bergantung pada si penulis memilihnya sehingga tidak terlihat bertele-tele dan membosankan.

Kira-kira begitulah sobat baca mengenai jenis-jenis Feature. semoga bermanfaat.

# Daftar Pustaka: Warsidi, Edi 2009. Bagaimana Menulis Feature Objek Wisata. Bekasi: Mitra Utama.

0 Response to "Kenalan sama Jenis Feature"

Posting Komentar