Hanbok


             Hallo sobat kamba, apa kabar nih? semoga baik-baik semuakan, oh ya kali ini tim redaksi Kamba akan menyapa kamu para pencinta Korea. Nah untuk kali ini kami akan memposting tentang Hanbok. Yupss...Apa itu Hanbok? yukk simak terus.

             Hanbok itu nama baju tradisional Korea. "Han" itu artinya Korea. "Bok" artinya baju. Jadi, hanbok itu sama dengan baju Korea. Namanya sederhana, ya. Tetapi, cara pakai bajunya, tak sesederhana namanya.


Ribuan Tahun

               Umur hanbok ini sudah tua, loh sobat! Baju tradisional Korea ini sudah dikenal sejak tahun 1300-an. Bahkan, bahkan ada yang menyebutkan jauh-jauh sebelum itu sudah ada hanbok. Di Korea Utara, hanbok dikenal dengan sebutan Chosan-ot. Hanbok biasa dikenalkan pada acara-acara khusus. Seperti upacara adat, festival musim panen, pesta tahun baru saat seol-nal, pesta bulan purnama atau Chuseok, dan acara-acara penting lainnya.

Banyak Jenis 

              Meskipun sekilas tampak sama, hanbok itu terdiri dari beberapa jenis. Ada hanbok untuk bangsawan, rakyat, dan ada yang untuk ilmuwan. Tentunya ada perbedaan pada setiap jenis hanbok. Apalagi antara hanbok yang dikenakan oleh kaum bangsawan atau keluarga kerjaan dengan hanbok rakyat. Hanbok bangsawan biasanya meng-gunakan bahan sutra yang halus. Warnanya indah dan mengkilap. Hanbok bangsawan juga diberi bordiran dan sulaman indah. Sedangkan rakyat biasa berwarna muda, seperti hijau muda, kuning muda atau putih.

Tak hanya selapis
           
             Eh, hanbok itu tidak seperti baju biasa. Hanbok terdiri dari beberapa lapisan, lo. Ada bagian utama yang harus selalu di pakai, dan ada yang tambahan. Ada sebagian yang tak harus di pakai. Apa saja bagian utama hanbok? ada jeogori atau baju bagian atas, ada dong jeong atau kerah, dan otgoreum atau pita yang dipakai di hanbok perempuan. Pita ini gunanya untuk mengikat jeogori. Ada juga chima atau rok. Chima ini bisa terdiri dari satu atau beberapa lapis. Untuk hanbok pria ada baji. Baji ini celana longgar yang dikenakan didalam hanbok. kadang-kadang hanbok dilengkapi gat atau topi. Gat ini biasa dipakai oleh  laki-laki. Ada juga durumagi. Ini merupakan lapisan paling luar hanbok. Bentuknya seperti jaket panjang. Durumagi ini hanya di pakai pada acara khusus.
          Anak-anak biasa memakai hanbok pertama kali  pada saat perayaan ulang tahun pertama. Cara pakai hanbok anak-anak lebih mudah. Tinggal dipakai seperti baju biasa saja dan menggunakan ritsleting. (*Yanti/Bobo)

         Nah begitulah sobat kamba tentang baju tradisional Korea, mungkin postingan ini sangat bermanfaat untukmu yang pencinta Korea, bye...bye..

0 Response to "Hanbok"

Posting Komentar